BMRDaerahManado

Coklit 2 Keluarga Disabilitas Tunarungu di Desa Inomunga Bolmut, Pantarlih Pakai Bahasa Isyarat

Bolmut, KOMENTAR- Salah satu sasaran Pencocokan dan Penitian (Coklit) data pemilih oleh KPU Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), adalah penyandang disabilitas.

Pada Rabu (27/6/2024), rombongan KPU Bolmut dan Provinsi bersama petugas pantarlih mendatangi dua rumah warga penyandang disabilitas di Desa Inomunga Kecamatan Kaidipang. Ada lima pemilih yang menjadi sasaran coklit di desa tersebut.

Pertama pantarlih mendatingi rumah yang didiami 2 keluarga yakni Gafar-Poronggo dan Keluarga Apia-Tugulo. Dua keluarga tersebut tinggal dalam satu rumah dan semuanya penyandang disabilitas tunarungu yang mengalami gangguan pendengaran.

Petugas sebetulnya sempat mengalami kendala saat coklit. Namun karna di bantu penterjemah warga sekitar dan bahasa isyarat, akhinya proses coklit berjalan lancar.

Setelah pencocokan dan penelitian KTP elektronik dan KK, data kependudukan empat keluarga disabilitas tidak ada yang berubah. Setelah itu petugas memasang stiker di rumah warga sebagai bukti sudah didata.

Masih di desa yang sama, tidak terlalu jauh rombongan KPU dan Pantarlih dengan kendaraan bergeser ke rumah Mader Unting penyandang disabilitas fisik. Saat itu, pantarlih mendapat pendampingan komisioner KPU Bolmut, Sri Findawaty Babay, PPK, PPS dan Pengawas Desa Inomunga serta staf KPU Provinsi, Aminudin Ilolu, Ivan Tumwo, Reza Ali Zafi, Jemmy Latekai yang melakukan tugas monitoring.

Rombongan coklit menemui Untung yang tinggal sendirian sebatang kara di rumah kecil yang merupakan rumah bantuan pemerintah. Coklit terhadap warga tersebut berjalan lancar karna Untung bisa berkomunikasi dengan baik dan memberikan data kependudukan kepada Pantarllih.

Komisioner KPU Bolmut, Sri Findawaty Babay, mengatakan, hanya 1 TPS di Desa Inomunga Kecamatan Kaidipang. “Jumlah pemilih di desa ini hanya 200san sehingga pantarlih hanya satu orang. Sasaran disabilitas di desa ini lima pemilih. ” ujar Babay.

Ia mengatakan KPU Bolmut berkomitmen melayani pemilih disabilitas dengan maksimal. “Penyandang disabilitas menjadi prioritas saat dua hari coklit di Kabupaten Bolmut. Mereka memiliki hak yang sama dalam politik termasuk memilih pada perhelatan Pilkada¬†2024, ” ujar Babay. (bly)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button