DaerahManadoNasionalPolitik

KPU Sulut Resmi Luncurkan Pilkada Gubernur 2024

Manado, KOMENTAR- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) resmi meluncurkan penyelenggaraan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2024 di Lapangan Basket Kawasan Mega Mas, Manado, Senin (29/04).

Komisioner KPU Sulut Divisi Sosialisasi, Parmas, SDM, Awaludin Umbola, anggota KPU Sulut Divisi Data dan Informasi, Lanny Ointu bersama Sekertaris KPU Provinsi Sulut, Lucky Firnandy Majanto meresmikan peluncuran pelaksanaan Pilkada Sulut 2024.

Hadir pula jajaran KPU 15 Kabupaten/Kota,  Ketua Bawaslu Sulut Ardiles Mewoh, serta undangan perwakilan lembaga terkait dan pemerintah Provinsi diwakali Kantor Kesbangpol.

Komisioner KPU Sulut, Awaluddin Umbola mengatakan, launching Pilkada Sulut ini berawal dari digelarnya launching secara nasional pada 27 Maret 2024 lalu di Jogjakarta.

Dimana, dalam arahannya KPU RI menginstruksikan pada akhir April hingga awal Mei 2024 ini sudah dilakukan launching diseluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia.

Menurutnya, KPU sudah sangat siap dalam menggelar Pilkada 2024 khususnya pemilihan Gubernur Wakil Gubernur serta pemilihan Bupati Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Walikota di 15 Kabupaten/Kota se Sulut.

Sejumlah tahapan awal telah dilakukan oleh jajaran KPU, salah satunya saat ini sedang digelar perekrutan badan ad hoc.

“Meskipun sesungguhnya pemilu 2024 belum selesai, karena masih digelarnya sidang sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK) dan untuk Sulut juga ada terdapat beberapa gugatan terkait hasil pemilu. Dengan digelarnya launching ini menandakan bahwa kami bersama jajaran hingga ketingkat paling bawah sudah sangat siap menggelar Pilkada. Hal itu yang diharapkan kepada KPU Kabupaten/Kota agar lebih mengencangkan sosialisasi ke masyarakat,” ujar Awuludin Umbola.

Mantan personil Bawaslu Sulut ini mengatakan, Road To launching Pilkada Sulut digelar berbagai kegiatan hingga hari puncak peluncuran Pilkada Sulut tanggal 1 Mei besok.

Sejumlah acara yang berkesinambungan tersebut, yakni : Dialog Kebangsaan, KPU Fun Run, Lomba Line Dance, Media Gathering dan Konser Acara Puncak Rabu 1 Mei.

“Acara puncak kami juga akan melaunching Maskot dan Jingle Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut tahun 2024,” ujar Awaludin.

Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Sulut Lanny Ointu, pada kesempatan tersebut, meminta seluruh jajaran agar memasifkan sosialisasi pelaksanaan Pilkada serentak.

“Dalam kegiatan ini ada berbagai rangkaian acara hingga hari puncak 1 Mei. Hal ini untuk menandakan bahwa Pilkada serentak 2024 siap dihelat. Ini merupakan kegiatan yang ditargetkan menjadi gaung ke daerah-daerah bahwa Pilkada sudah di depan mata. Apalagi tahapan-tahapan penting seperti pencalonan perseorangan sudah akan dimulai. Nantinya launching Pilkada akan serentak dilaksanakan di 15 Kabupaten dan kota, “terang Lanny komisioner KPU Sulut dua periode itu.(bly)

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button